Negara – negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia

05 Januari 2021

Negara – negara Penghasil Sampah Plastik Terbesar di Dunia

Sudah tau belum? Sebanyak 4 hingga 12% miliar ton sampah plastik masuk ke lautan setiap tahunnya. Kurang dari 20% di antaranya berasal dari lautan yang disebabkan oleh aktifitas seperti memancing dan penangkapan ikan. Dan sebanyak 80% sisanya merupakan sampah yang berasal dari daratan. Berdasarkan penelitian, sebagian besar sampah plastik yang berada di lautan merupakan sampah yang berasal dari Indonesia, China, Thailand, Vietnam, dan Filipina, di mana sampah plastik yang disumbangkan oleh negara-negara tersebut memiliki persentase lebih dari 60%.

Hal ini disebabkan karena sebagian besar negara-negara tersebut merupakan negara berkembang, yang mana sampah plastik tidak berhasil dikelola dengan baik karena manajemen yang buruk dan infrastruktur yang dimiliki di negara-negara tersebut tidak memadai. Sedangkan tingkat konsumsi penggunaan plastik semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi dan populasi penduduk.

Di Indonesia sendiri dilansir dari National Geographic Indonesia, pengelolaan sampah masih tergolong sangat buruk karena proses daur ulang belum maksimal dan merata. Totalnya baru sebesar 11.83% sampah plastik yang berhasil didaur ulang, dan 88.17% lainnya hanya berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) atau bahkan berserakan di lingkungan tempat tinggal sekitar (sumber: National Geographic). Berdasarkan Badan Pusat statistik (BPS) Indonesia, jumlah kantong plastik yang terbuang dan menjadi sampah di Indonesia adalah sebesar 85.000 ton di tiap tahunnya dan jumlah ini akan selalu meningkat sejalan dengan pertumbuhan ekonomi dan pertumbuhan penduduk di Indonesia (sumber: Menenggelamkan Pembuang Sampah Plastik di Laut | Indonesia.go.id). Jadi bisakah kalian bayangkan jika jumlah ini terus bertambah setiap tahunnya, apakah yang akan terjadi?

Oleh karena itu, Yuurbag hadir untuk membantu mengurangi sampah plastik terutama sampah kantong plastik dan botol plastik di Indonesia. Dengan menggunakan Yuurbag, kamu sudah ikut mendaur ulang 6 buah botol plastik, dan ikut serta dalam upaya mengurangi penggunaan kantong plastik.