Sulitnya Hidup Tanpa Plastik

01 Januari 2021

Pemerintah dan bisnis – bisnis diseluruh dunia mulai mengambil tindakan untuk mengurangi penggunaan plastik di dunia pada awal tahun 2018. Salah satu langkah awalnya adalah dikeluarkannya larangan penggunaan sedotan plastik, penggunaan microbeads pada kosmetik, dan pemberian biaya tambahan jika menggunakan kantung plastik sekali pakai. Hal ini dilakukan selain untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang ada di dunia, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup manusia.

Hubungan manusia dan plastik sangat erat kaitannya hingga kemungkinan untuk tidak menggunakan plastik di dalam kehidupan sehari-hari hampir tidak mungkin. Akan sulit bahkan cenderung tidak mungkin untuk tidak menggunakan plastik di semua lini kegiatan baik rumah tangga, pekerjaan, bisnis maupun dalam bersosialisasi. Pengurangan atau pergantian konsumsi penggunaan plastik bagi beberapa lini produk atau manufaktur akan sulit untuk dipelihara jika menggunakan bahan alternatif selain plastik.

Sepatu adalah salah satu contoh produk yang akan sulit untuk dijaga kualitas produksinya jika bahan dasarnya diganti. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bahan dasar sepatu pada zaman sekarang kebanyakan menggunakan material sintetis. Jika kita tarik ulur ke waktu lampau, sol sepatu awalnya berbahan dasar kulit, tali, maupun kayu. Dengan kata lain, material yang digunakan berasal dari bahan-bahan alami. Bayangkan jika kita mengganti material dari 22 miliar pasang sepatu yang di produksi setiap tahunnya dengan bahan alami, dapatkah kalian bayangkan apa yang akan terjadi?

Lantas, strategi dan langkah apa yang sebaiknya dilakukan agar kualitas produksi tetap terjaga tetapi tetap bisa menjaga lingkungan? Recycle adalah jawaban yang paling tepat. Mengapa demikian? Dengan melakukan recycle, perusahaan tetap dapat menggunakan bahan dasar yang sama red: plastik, tanpa merusak lingkungan bahkan malah ikut membantu mengurangi sampah plastik yang ada didunia. Bahan dasar dapat di dapat dari me-recycle sampah plastik yang banyak tersebar di lingkungan tempat tinggalmu, sungai, gunung, maupun lautan. Strategi ini telah di terapkan oleh brand Yuurbag. Yuurbag adalah brand yang berfokus pada daur ulang botol plastik, yang kemudian botol plastik yang telah di daur ulang tersebut dijadikan produk baru siap pakai yaitu shopping bag. Selain ramah lingkungan, Yuurbag juga berkomitmen untuk tetap up to date dengan kebutuhan dan keinginan para millennial. Salah satunya adalah dengan menyediakan berbagai design shopping bag yang unik dan kekinian. Bukan cuma itu saja, kamu juga bisa meng-custom design shopping bag mu sesuai dengan keinginanmu! Tunggu apa Lagi? Go get Yuurbag Now, Save the Environment and be Trendy!